Implementasi Mouse Wheel Horizontal Scroll

Animasi cara mudah membuat search box icon.

Dunia sudah dalam gemgaman, laman webpun berevolusi ke mode layout mobile-first-design, baru ke tampilan desktop. Mengakses web dengan smartphone yang lebarnya screenya 350px memiliki lebih banyak batasan, tapi memiliki pola akses yang keren, yaitu scroll atas bawah, swipe kiri dan kanan.

Apakah dunia dalam desktop hilang? Tidak juga. Memang jumlah populasi user mobile lebih banyak dari pada lewat user windows.

Tapi sejak pandemi Covid-19 di tahun 2020, permintaan PC Game meningkat, bahkan hingga 2021 komponen PC makin langka dan mahal. Apakah ini tanda-tandanya user layar desktop mulai ramai lagi?

Bisa jadi!

Tapi kenyamanan akses web dengan perangkat mobile mulai sulit dilepaskan dari habit scroll dari atas-bawah, swipe kiri-kanan.

Satu-satunya alasan membuka website dengan desktop karena layarnya yang lebar, semua konten web bisa tampil dengan jelas. Namun terbatas dengan pola akses up-down saja, sedangakan konten model ‘swipe’ kiri-kanan di bungkus dalam mode auto slideshow.

Fungsi mouse wheel memang tidak bekerja secara horizontal. Nah, berikut cara implementasi mouse wheel horizontal scroll ke dalam element HTML.

Dengan tips kecil yang sudah di publis oleh InsertApps, akses lama web melalui desktop senyaman membuka melalui perangat genggam, scrool up-down, usap kiri-kanan.